Indonesia Melangkah

Diterbitkan, Perpres 53/2012 Pengurai Masalah Perkeretaapian

. Posted in Indonesia Melangkah

Terutama dipicu oleh tragedi tabrakan antar-KA di Stasiun Petarukan, 2 Oktober 2010, problem perkeretaapian mendesak untuk ditangani. Tragedi akibat gangguan sinyal itu ternyata berhulu pada tidak tersedianya dana IMO atau infrastructure maintenance and operations. Selama ini, untuk aspek maintenance, dikerjakan oleh Ditjen KA-Kemenhub (regulator) bersama PT KAI (operator)—sayangnya cenderung tumpang-tindih. Adapun aspek operations yang dilaksanakan PT KAI, seharusnya PT KAI menerima dana khusus, namun nyatanya tidak demikian.

MRT Tahap-I Koridor Selatan-Utara Siap Dikerjakan

. Posted in Indonesia Melangkah

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, secara resmi mencanangkan pembangunan proyek mass rapid transit (MRT) tahap-I koridor Selatan-Utara. Koridor sepanjang 15,7 kilometer ini berute Lebak Bulus-Bundaran HI. Pekerjaan persiapannya yang langsung bisa dimulai antara lain: pemindahan Terminal Angkutan Umum Lebak Bulus, pemindahan Stadion Olahraga Lebak Bulus, pemindahan utilitas, pelebaran Jalan Fatmawati, dan pembangunan kantor proyek. Pekerjaan yang menyusul kemudian adalah pembangunan fisik dan MRT ditargetkan beroperasi awal 2016. Dengan adanya MRT, kapasitas daya angkut diperkirakan dapat mencapai 420 ribu penumpang per hari.

MA Luncurkan One Day Publish

. Posted in Indonesia Melangkah

Program One Day Publish adalah wujud itikad Mahkamah Agung (MA) untuk berbenah diri mempercepat mutu pelayanannya. Prinsipnya, kapanpun suatu perkara diputus, maka pada hari itu juga dimaklumatkan atau dipublikaskan. Bukan hanya itu, MA juga akan memublikasikan putusan pada hari yang sama saat perkara tersebut dikirim ke pengadilan pengaju. Melalui program yang merupakan implementasi dari SK KMA 144/KMA/SK/VIII/2007 (tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan) itu, lembaga peradilan diharapkan akan kian transparan.

Segera Beroperasi, FSRU Pertama Indonesia

. Posted in Indonesia Melangkah

Menyusul dilaksanakannya peresmian pelepasan FSRU (Floating Storage and Regasification Unit) Regas Satu dari Singapura menuju Teluk Jakarta, terminal penerima dan regasifikasi LNG pertama di Indonesia ini diperkirakan akan mulai beroperasi secara bertahap pada Mei 2012. Penuntasan FSRU Regas Satu adalah salah satu tahapan penting menuju pengoperasian fasilitas terminal LNG Proyek FSRU Jawa Barat—sebuah sejarah baru dalam pemenuhan kebutuhan gas domestik. Berkapasitas maksimum 3 juta metrik ton LNG per tahun, FSRU tersebut mampu memasok 400 mmscfd gas untuk PLTGU Muara Karang dan PLTGU Tanjung Priok. Dengan FSRU ini, pada tahap awal, Nusantara Regas akan dapat memenuhi komitmen pasokan gas ke PLN sebesar 1,5 juta LNG.

Diluncurkan, JakCard untuk TransJakarta

. Posted in Indonesia Melangkah

Pemprov DKI Jakarta siap meluncurkan JakCard sebagai mode pembayaran busway TransJakarta. Selaras dengan grand design pembangunan moda dan sistem transportasi Jabodetabek, e-tiket besutan Bank DKI ini sedianya dapat dikembangkan untuk berbagai moda transportasi lain yang saling terintegrasi. Berdasarkan MoU antara BI-Kemenhub-Kemenkominfo yang diteken pada November 2011 (penggunaan e-money di sektor transportasi), standardisasi interkoneksi dan interoperabilitas e-money ini digadang-gadang rampung pada 2012. Demi meningkatkan penggunaan e-money, penerapan interkoneksi ditargetkan dapat dirintis pada 2013.